Beranda > PENDIDIKAN > IDWEBHOST FOR EDUCATION

IDWEBHOST FOR EDUCATION

Salah satu fasilitas internet yang sangat digemari oleh para siswa adalah jejaring sosial (social network). Kalau  dahulu siswa amat menggemari friendster, saat ini facebook merupakan idola baru bagi anak didik. Hal itu tampak jelas dari prilaku siswa kita bila sedang praktikum di lab komputer yang terhubung dengan internet.  Situs yang pertama kali dibuka selain google.com  adalah facebook.com. Meskipun facebook mempunyai manfaat, tetapi hal itu nampaknya tidak sebanding dengan kerugian-kerugiannya . Oleh karena itu membuka facebook  di lab komputer di sekolah kami sangat dilarang dan kami sengaja memblokirnya.

Materi pelajaran internet di sekolah kami selain browsing, dan membuat email,  siswa dikenalkan dengan blogging.  Blogging sengaja diperkenalkan kepada siswa untuk merangsang mereka menuliskan ide-ide yang ada dalam pikiran mereka. Hal ini sangat penting, sebab mereka membutuhkan suatu wadah untuk menampung ekspresi pikiran dan jiwa. Dengan mempunyai blog siswa dapat mengungkapkan perasaan dan pendapatnya yang kemudian mendapatkan perhatian dari sesama blogger dengan cara saling berkunjung dan berkomentar. Dari hasil pengamatan saya, banyak tulisan-tulisan siswa di blog yang mengkritisi kondisi kelas serta sekolah. Itu membuktikan bahwa blog merupakan media yang sangat tepat untuk menampung aspirasi dan menjadi media ekspresi  siswa.

Menulis di blog memang sangat menarik. Disamping menambah gengsi bagi siswa juga tidak ada sensor sebagaimana jika siswa menulis di majalah dinding atau majalah sekolah . Selain menulis,   hal yang juga menjadi kegemaran siswa adalah menghias blog mereka serta melakukan blogger walking (berkunjung dan memberi komentar ke blog lain).  Namun terkadang para siswa kecewa karena keinginannya tidak bisa terpenuhi karena ada beberapa fasilitas yang tidak disediakan oleh layanan blog gratis, misalnya domainnya tidak  sesuai dengan keingianan atau fasilitas yang terbatas pada blog-blog gratis.

Saya mempunyai ide bagaimana jika idwebhost bisa menjembatani keinginan blogger-blogger muda ini dengan membuat sebuah paket webhosting bagi para siswa SD/SMP/SMA.  Saya yakin Id webhost sebagai sebuah layanan yang dikenal dengan hosting murah dan hosting terbaik akan mampu menyelenggarakan paket tersebut. Kalau ini bisa terrealisasi maka Idwebhost akan menjadi  pioner hosting di dunia pendidikan.

Saya bisa membayangkan betapa bangganya anak didik kita yang belajar menjadi blogger itu kalau mempunyai domain serta hosting sendiri.  Tetapi yang menjadi masalah tentunya adalah kemampuan dana siswa untuk menyewa.  Idwebhost sebagai penyedia domain murah serta webhosting murah semoga saja dapat memecahkan masalah ini sehingga bisa  mengambil  pelanggan dari kalangan pelajar .  Para instruktur komputer di sekolah bisa diajak bekerja sama untuk menyukseskan proyek ini.

Technical support  Idwebhost sangat menentukan keberhasilan proyek tersebut, karena ke sanalah tempat siswa bertanya selain kepada instruktur di sekolah. Oleh karena itu layanan technical support yang selama ini sudah baik perlu lebih ditingkatkan lagi ke depan.

Lebih dari itu, motivasi  blogger-blogger  muda ini akan bisa terus hidup apabila Idwebhost secara reguler juga menyelenggarakan kompetisi blog siswa tahunan atau memberikan reward bagi pelanggan muda yang terbaik. Dengan demikian semangat untuk blogging akan terus membara di hati siswa. Ini juga sangat menguntungkan bagi Idwebhost

Blogging sungguh sangat bermanfaat, karena banyak prestasi yang diraih sekolah kami berasal dari kompetisi blog baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.  Jadi bagaimana Idwebhost  ?

  1. 21/02/2011 pukul 10:33

    hmmm… sebuah ide menarik.. dengan demikian anak-anak sekolah makin tergerak untuk bisa bikin dan memiliki blog sendiri…

    @: Yudistira
    Semoga bisa direalisasikan Idwebhost. Thanks atas kunjungannya

  2. 08/03/2011 pukul 12:22

    mantap..

    @:teenagerkuu
    terima kasih atas kunjungannya
    🙂

  3. Darin DF
    03/10/2011 pukul 05:15

    Setuju pakk, rate 5😀
    Jadi kita bisa nulis ndak hanya karena ikut jurnalistik, asal tau blog aja pasti bisa nulis..
    Dapet bnyak temen yang bermanfaat juga pak, hehehe🙂

  4. 22/09/2014 pukul 01:11

    Serdeczne pozdrowienia i podziękowania za tekst – bardzo dobrze się go czytało

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: